Bayar Iuran BPJS Tepat Waktu untuk Mendapatkan Jaminan Kesehatan Ini!

BPJS merupakan lembaga yang dibentuk pemerintah dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat yang menjadi anggotanya. BPJS membawahi 2 buah lembaga yaitu BPJS ketenagakerjaan yang mengurusi kesejahteraan para pekerja dan BPJS kesehatan yang mengurusi jaminan kesehatan untuk anggotanya. Bagi Anda masyarakat umum yang tidak bekerja di bawah perusahaan, bisa tetap memiliki jaminan kesehatan yang dibayarkan secara mandiri melalui BPJS kesehatan mandiri. Caranya adalah dengan mendaftarkan nama Anda sebagai kepala keluarga dan anggota keluarga yang masih ada dalam satu kartu keluarga untuk menjadi anggota BPJS kesehatan. Kewajiban yang harus Anda lakukan adalah bayar iuran BPJS setiap bulannya dimana dana tersebut nantinya akan disimpan bersamaan dengan iuran masyarakat untuk digunakan membiayai kesehatan anggota yang memerlukan.

Daftar Harga BPJS

Ketika Anda sakit, dengan menjadi anggota BPJS Anda bisa berobat secara gratis baik untuk pengobatan rawat jalan maupun rawat inap sesuai dengan ketentuan yang ada. Namun sebelum itu ketika Anda menjadi seorang anggota BPJS kesehatan baru, Anda akan diminta untuk memilih kelas pelayanan yang nantinya menjadi patokan besaran iuran kesehatan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Berikut ini adalah tabel iuran dari masing-masing kelas di BPJS kesehatan:

  • Kelas I Rp. 80.000 tiap bulan.
  • Kelas II Rp. 45.500 tiap bulan.
  • Kelas III Rp. 25.500 tiap bulan.

Iuran tersebut harus Anda bayarkan setiap bulan sebelum tanggal sepuluh untuk satu orang anggota. Jika Anda memiliki jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang, maka jumlah yang harus Anda bayarkan adalah dikalikan 4 sesuai dengan jenis kelas yang dipilih.

Dapat dikatakan setelah melakukan pendaftaran, kewajiban sebagai anggota BPJS kesehatan hanyalah bayar iuran BPJS kesehatan tepat waktu agar dana yang terkumpul bisa digunakan sebagaimana mestinya. Jika Anda tak mengalami keterlambatan atau penumpukan jumlah angsuran maka ketika Anda membutuhkan upaya kesehatan sewaktu-waktu, kartu bisa langsung digunakan untuk berobat ke fasilitas kesehatan tingkat satu yaitu dokter keluarga ataupun puskesmas yang dipilih. Namun jika kondisi Anda lebih gawat, pelayanan UGD siap membantu beserta rawat inap yang juga menjadi hak Anda sebagai anggota BPJS kesehatan. Akan tetapi ada prosedur penggunaan BPJS yang sebelumnya harus Anda baca dan cermati agar tak salah dalam menggunakan fasilitas BPJS kesehatan.

Agar Anda bisa membayar iuran tepat waktu, sangat disarankan untuk mendaftarkan sistem autodebet pada rekening bank yang dimiliki untuk membayar iuran setiap bulannya. Kebutuhan konsumtif meskipun besar namun kebutuhan kesehatan merupakan prioritas utama yang tak boleh disepelekan. Anda bisa memilih kelas pelayanan jika memang memiliki dana yang terbatas misalnya kelas III untuk semua anggota keluarga jika memang Anda memiliki jumlah anggota keluarga yang cukup banyak. Tak ada perbedaan pelayanan untuk rawat jalan bagi semua anggota BPJS kesehatan di semua kelas. Yang berbeda hanyalah ruangan rawat inapnya saja yang disesuaikan dengan jenis kelas yang dipilih. Meski begitu Anda juga bisa dirawat inap di kelas yang lebih tinggi dengan membayar selisih harga sewa ruangan dengan biaya pribadi.

Bayar iuran BPJS dengan teratur dan tepat waktu apalagi saat ini sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran baik secara online maupun offline. Untuk cara online, Anda bisa memanfaatkan situs belanja online yang sudah memiliki menu pembayaran BPJS. Gunakan saldo atau dana yang mengendap di situs tersebut untuk membayar dengan lebih cepat dan hemat karena seringkali situs belanja online memberikan promo atau voucher untuk pembayaran angsuran atau iuran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *